Rabu, 07 Desember 2016

Apa sih Prodi Manajemen itu?



Secara umum, jurusan manajemen berfokus pada bagaimana mengelola 4 hal (bisa lebih, tetapi ini yang paling terutama karena pasti ada di tiap badan usaha), yaitu Keuangan, Pemasaran, SDM, dan Operasi/Produksi. jika ditarik meluas, manajemen itu belajar bagaimana mengelola keempat bidang tersebut agar dapat dipakai untuk mencapai goal yang ada/dibuat. ya kalo dalam perusahaan, goal itu tercermin dalam visi perusahaan, kalo secara individu, goal itu bisa berupa cita-cita, mimpi, impian, angan-angan, dll. 

nanti kalo kamu masuk manajemen, ga perlu kuatir karena kamu juga belajar tentang akuntansi dasar dan ekonomi juga koq.. memang akuntansinya ga sampe yang beribet kayak jurusan akuntansi, tapi setidaknya kamu ga buta akan akuntansi dan ekonomi. malah kamu bisa mendalaminya sembari mendalami ilmu manajemen.. 

Manajemen itu ga susah.. ga seperti MIPA yang eksak atau yang berseberangan dengan itu.. manajemen itu perpaduan dari keduanya.. dan uniknya, ilmu manajemen awal itu didapat dari pengalaman orang2 yang terlibat didalamnya.. berbeda dengan akuntansi dan ekonomi.. manajemen itu tidak sulit, tetapi membutuhkan dasar pemahaman yang kuat.. tiap2 universitas yang ada jurusan manajemennya biasanya punya kurikulum yang sama. tapi jelas tetap ada perbedaan antara universitas yang berkualitas dan yang tidak. staf pengajar, buku yang digunakan, penyusunan kurikulum, dll. itu akan menolong kamu untuk bisa lebih memahami manajemen nantinya. 

kalo memang berminat masuk manajemen, tentukan juga penjurusan/peminatan yang kamu inginkan.. apakah keuangan, pemasaran, SDM, atau operasi.. mereka semua sama2 berguna koq, jadi tergantung apa yang menjadi minatmu.. yang pasti, ketika kamu memilih satu peminatan, kamu ga akan mendalami peminatan yang lainnya.. tapi, ada juga yang mengambil 2 peminatan, dengan konsekuensi lulusnya lebih lama.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar